Goodbye my best uncle


Innalillahi wainna illaihi rajiun.


dua hari yang lalu, om gw (usually I called him 'pakde'), meninggal dunia.
beliau meninggal sekitar jam 11 malam pada saat perjalanan ke rumah sakit.
fyi, pakde gw punya penyakit gula dan gagal ginjal.
mungkin penyakit diatas yang menyebabkan pakde meninggal...

siangnya, sebelum beliau meninggal, keadaannya masih baik-baik aja.
baru menjelang sore, omongannya udah mulai ngaco, dan jalannya udah sempoyongan.
tapi, ini udah sering terjadi dan gw sekeluarga mikir ini kejadian biasa.

tengah malam, tiba-tiba ada bunyi berisik dan gaduh dari kamarnya, pas gw sama kakak gw keatas, ternyata pakde gw jatuh, tapi untungnya di tempat tidur, jadi engga terlalu parah.
tapi, setelah itu, dia jadi sesak nafas, ngomongnya engga jelas, mukanya pucat banget.

akhirnya di bawalah pakde ke RSAL di daerah Pejompongan.
di rumah tinggal ada gw, kakak, bude sama pembantu.
bude gw engga ikut nganter, engga tau kenapa.

engga ada firasat ato perasaan aneh sekalipun.
gw sama kakak gw nonton TV.
tiba-tiba adegan film di TV itu ngeliatin peti mati.
saat itu juga, telepon rumah bunyi, yang ngangkat kakak gw, dan kedengeran suara nyokap nangis-nangis, muka kakak gw juga shocked banget.
yah... I know it at that time, the best uncle I've ever had, had gone forever.

I cried a lot until my eyes became swollen.


sesuai ajaran Islam, jenazah pakde dimandikan, dikafankan, disholatkan dan terakhir dimakamkan.







it's so hard to let him go, because I'd been know him since I was a child. and I'd been live with him this one year. he has no children, so he treat me as his daughter.

I never thought that he'll gone so fast, I'll always pray for u, uncle...

0 comments: