Travelling is Educating!


sekitar sebulan sebelum liburan sekolah yang cuma dua minggu itu, me and my little family have a plan to refreshing by visit some city and have fun there. rencananya kita mau ke Bali, tapiii kondisi Bali kalo udah high season ginii kan rame bangett dan harga hotel pun melonjak sampe 3x lipat.
hemmmhh.. alhasil, rencana itu udah pasti batal.

Akhirnyaa gw sekeluarga keliling keliling pulau jawa! haha.





1st stop : Semarang!

Di kota ini gw nginep di sebuah hotel di kawasan simpang lima. wahh holiday bikin harga hotel naik banget. hemmhh.
nahh! di hotel, gw ngeliat suatu kcenderungan yang bener-bener ngeselin.
pegawai pegawai hotel cenderung lebih respect sama orang orang chinesse dan b
ule bule, daripada orang pribumi indonesia asli! I don't know..maybe they give them bigger tips than ours..

simpang lima itu bisa dibilang pusat kota semarang si kota lumpia.
banyak banget mall-mall kayak Jakarta gituu. suasana malamnya enak dan engga begitu rame. banyak pedagang kaki lima yang jualan di sekitar situ. ada yang jualan nasi pecel, nas uduk, nasi goreng, tapi yang paling unik dan paling banyak ditemui disitu adalah penjual jagung bakar!
Jagung bakarnya engga biasa. biasanya kan jagung bakar itu cuma dikasih saus atau mentega, tapi ini pakai selai cokelat, strawberry dan keju! hemm. looks so yummy. but
...unfortunately, gw engga sempet nyobain :(

oiaaa gw sempet makan di kaki lima yang ngejual ice cream jadul namanya cung lik kalo engga salah. padahal waktu itu lagi ujan dan dingin, tapii malah makan es..hhe. es krimnya kayak es puter gitu. rasanya macem-macem, ada leci, alpukat, kelapa, dan yang paling delicious-katanya-adalah durian! gw yang engga begitu suka durian, beralih ke leci. dann... hemm yummy. esnya lembut dan ada potongan buah lecinya lohh :)


setelah tidur semaleman di hotel, pagi paginya gw ke jalan raya depan hotel. di sana banyak orang jualan di trotoar-trotoarnya. jualannya juga beragam banget. sandal, sepatu, celana pendek, underwear, kaset, tas, baju, daster, sampe ada juga kakek kakek yang jualan obat pake teriak-teriak di toa.

harganya lumayan murah. boxer buat remaja gitu cuma 10ribuan (yaa walaupunn kualitasnya diragukan dan gambarnya cuma tersedia naruto...). Daster panjang cewek pun cuma 10ribuan juga! pake ditawar lohh! waww! I love shopping in here!

Notes about this city :
  • masih banyak orang Indonesia yang lebih ngehormatin etnis etnis tertentu daripada orang Indonesia asli
  • cintai produk dalam negeri, selain murah kualitasnya juga lumayan oke kok
  • semarang engga cuma lumpia doang, masih banyak yang bisa digali
  • pengamen pengamen di kota ini engga begitu bagus, mereka cuma genjreng-genjreng gitar asal
  • PANASSS!

2nd stop : Gresik!

"hah? ngapain ke Gresik? mau beli semen?", gitu pkiran gw pas bokap bilang bakal mampir ke Gresik. tapii setelah gw liat liat, Gresik itu engga cuma semen doang kokk. Gresik punya makanan khas kayak kerupuk upil (tenang ajaa kok bahannya engga dari upil benerann. hha) sama dodol.
disini gw cuma semalem dan engga jalan-jalan di kotanya.
satu yang bener bener bikin gw impressed banget: hotelnya!
namanya hotel sapta nawa. hotel in mungkin engga berbintang, tapi nyaman dan pekarangannya bener-bener asli dan hijau bangett! jadi foto-foto dehh. hhe :)


Notes about this city :
  • Gresik engga cuma semen ajaa kok
  • Kotanya tenang!

3rd stop : Surabaya!


wahh Surabaya hampir mirip nih sama Jakarta. Metropolis bangett! Kebetulan gw dapet hotel yang di pusat kota lagi :) hmm... how lucky!
surabaya kotanya bersih banget lohh. jarang banget ada sampah berserakan di jalan (kayak Jakarta). two thumbs up for it!

di sini cuacanya lumayan panas. tapi di sekitar hotel banyak mall mall gede. yaa kalo di Jakarta sama aja kayak gading gitu maybe.. namanya plaza tunjungan. cukup besar sihh.

nahh disini nihh ke-lucky-an gw bertambah lagi! di suatu department store baju, lagi ada diskon besar-besaran!!! BIG SALE!

"KYAAAA!" gw teriak dalam hatii. baju baju yang di sale juga masih yang bagus bagus lohh. :) sebenernya di surabaya ini terkenal sama masakan bebeknya. tapii lagi lagi gw engga sempet nyobainn :( mentok-mentoknya makan seafood. hmmm... asliii seafood disini enakkkkk bangett! kepiting sama kerang daranya poll abiss! gw aja sampe nambah saking asyiknyaa! euuw!
kweek kweek

Notes about this city :
  • the city is soo clean and less polution
  • lampu-lampu jalannya kalo malem rame banget
  • cukup metropolis

Ohh iyaa! sebelum ke Jogja, gw mampir dulu ke Sidoarjo, ngeliat lumpur lapindo. haha... norakk yaa? biarinlah...
ternyataaa bencana lumpur ini disalahgunakan sama orang orang sekitar untuk nyari keuntungan. masaa liat lumpur ditarikin uang Rp.3.000,-... haha.
gw dan keluarga naik ke tanggulnya. dannn OH MY GOD! It was horrible! I can't imagine the suffering of they who live here... lumpurnya tinggi banget, bau belerang dimana-mana. sampai sekarang juga semburan lumpur itu masih keluar. anyone could predict when it can be stopped?


How could they call it 'Wisata'?!


4th stop : Jogjakarta!

finally, sampe jogja jugaa! walaupun sempet kesusahan nyari hotel karena udah pada full-booked semuaa, akhirnya gw dapet hotel. hotel yang murah gituu. karena emang udah pada penuh hotel yang lain. namanya hotel pangeran emas! saya ulangi sekali lagii..hotel pangeran emaas! di daerah jalan sisingamangaraja.

Ya Allah... Astaghfirullah! jangan pernah dehh nginep disini... hahaha.
hotelnya kayak bukan hotel!
bedaa yaa antara hotel sederhana sama hotel yang enggak niat!

keabalan yang gw temuin selama nginep 4 hari 3 malem disini:
  1. pintunya bobrok, kuncinya ngadet
  2. greekk...bgitu buka pintu... oke kamarnya luas, tapii ubinnya kotorr abiss
  3. engga disediain keset
  4. engga ada sabun, shampoo, handuk, dll
  5. tv merk china pake antena pula
  6. remote tv baterenya abis
  7. kombinasi listrik masih ada label harganya Rp.3.500,-
  8. begitu gw buka kordenn... sreekkk! eng-ing-eng! guess what? gudang!
  9. washtafelnya bolong
  10. ubin kamarmandinya bunyi 'crott crott' kalo diinjek

imagine...how sad is my holiday trapped in that cursed place!

tapii, ada nilai plusnya sihh, itu juga dikitt, ac lumayan dingin daripada ac kelas, trus ada air panas buat mandinya, udahh! itu ajaaa!!!
sayangnyaa gw engga ada foto tu hotell, kalo ada gw tunjukkin dehh!

hari pertama dan kedua gw puas-puasin cuci mata ke malioboro dan pasar beringharjo. tapii penuhhhhhh bangettt! udah kayak lautan manusia! pada bau ketek semua lagii! wekkss. di malioboro barang yang dijual beragam banget, tapi kbanyakan tuhh gelang-gelang, souvenir, sandal batik, baju baju batik, sama tas. harga harganya lumayan murahh lohh. kemampuan bargaining penting banget nih disini. celana tie dye yang gw incer tadinya harganya 20rbuan, tapii stelah ditawar cuma jadi 10rbuan. sandal 10rbuan ajaa. gelang-gelang cuma seribuan. tas anyaman gede yang gw liat di gading seharga Rp.125.000,- disini cuma Rp.65.000,-! itupun masih bisa ditawar! akhirnya gw dapet dengan harga 25ribu ajaa! senangnyaa! haha.



kalo soal makanan, lagi lagi gw makan es krim! namanya tip top ice cream. katanya di jogja trkenal dan emang udah lama banget ada disini. hmm! enakk bangett! es krimnya kayak walls gitu, tapi pilihan rasanya beragam banget, ada kopyor, coklat, strawberry, vanilla dan the best is... rum! enakk bangett dehh. tapii harganya juga cukup 'enak'. buat 1 scoop es krimnya itu Rp.13.000,-. yang paling mahal banana split : Rp.35.000,- tapi worth it sihh menurut gw :)

besoknyaa gw k alun-alun selatan jogja. disini ada satu lapangan gede yang jadi tempat nongkrong orang-orang. disitu ada dua pohon beringin besar. katanya ehh katanya...barang siapa yang bisa jalan ke bringin itu dengan mata trtutup, keinginannya bakalan kekabul! dan katanya lagii.. untuk bisa jalan lurus ke beringin itu sudah bangett. masa siihh??


wahh... dengan exciting gw langsung nyoba.
dengan mata trtutup gw jalan pelan-pelan. lurus lurus aja. dan begitu mata gw dibukaa...
I can pass it! wow! haha.
itu sihh cuma kepercayaan orang orang ajaa. but who knows?

Notes about this city:
  • enak banget buat belanja
  • orangnya ramah ramah
  • banyak makanan enak plus murah
  • banyak turis
  • akses kemana-mana deket


like i said before, traveling is educating!
there's always something we can get from it.
so...don't u think that traveling is just spend ur money.






0 comments: